Sifat Kepribadian Guru

1. SIFAT KEPRIBADIAN GURU
Istilah sifat kepribadian guru diartikan sebagai ciri-ciri, sedangakn isltilah kepribadian diartikan sifat hakiki individu yang tercermin pada sikap dan perbuatannya yang membedakan dirinya dari yang lain. Wijaya mengemukakan bahwa keberhasilan seorang guru dalam PBM harus didukung oleh kemampuan pribadi guru dalam PBM tersebut secara rinci sebagai berikut:

a. Berpikir alternative
Guru harus mampu berpikir dan mampu memecahkan masalah yang diahdapi dalam PBM. Mampu memberikan berbagai alternative jawaban dan memilih salah satu alternative untuk kelancaran PBM.

2. GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
PBM merupakan inti dari proses pendidkan secara keseluruhan. Dalam PBM ada kegiatan yang integral (utuh dan terpadu) antara siswa yang belajar dan guru yang mengajar. Dalam kesatuan kegiatan ini terjadi interaksi resipokal yakni hubungan antara guru dengan para siswa dalam suasana yang bersifat pengajaran. Hal ini sesuai dengan pendapat usman (1989:1) yang menyatakn bahwa PBM merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan siswa dan guru atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.
3. MOTIVASI BELAJAR SISWA
A . pengertian motivasi belajar siswa
Sardiman(1988:8) mengatakan bahwa:
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar , yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan member arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek pelajar itu dapat tercapai.

Berdasarkan batasan dan rumusan masalah daiatas maka untuk lebih memusatkan pada masalah yang akan diteliti , disusun beberapa peertanyaan penelitian sebagai berikut:
1. Bagaimanakah kecenderungan sifat atau karakteristik kepribadian guru dalam PBM yang dirasakan siswa?
2. Bagaimanan kecenderungan motivasi belajar siswa?
3. Seberapa besar hubungan antara sifat ( kepribadian guru) dengan motivasi belajar siswa dalam PBM?

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: